1. - Class adalah merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk
menciptakan suatu instant dari object. class juga merupakan grup suatu
object dengan kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object
lain.
-Object
adalah adalah instance dari class. Jika class secara umum merepresentasikan
(template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class
itu sendiri.
2. a.Encapsulation adalah proses menyembunyikan detil
implementasi sebuah objek atau pembungkusan attribut (field atau variabel) dan
tingkah laku (metode) di dalam sebuah kelas.
b. Inheritance adalah pewarisan sifat dari
superclass ke subclass, yang mewarisi attribute dan method yang masih sejenis
beserta attribute dan method tambahan yang merupakan sifat khusus subclass.
c. Abstraction dapat diartikan sebagai
cara pandang kita terhadap suatu sistem yang terdiri dari kumpulan subsistem
yang saling berinteraksi. Subsistem dapat pula diartikan sebagai suatu objek.
d. Polymorphisme adalah suatu object dapat memiliki berbagai bentuk,
sebagai object dari class sendiri atau object dari superclassnya
- Overloading : penggunaan satu nama untuk beberapa method yang berbeda
(beda parameter)
- Overriding : terjadi ketika deklarasi method subclass dengan nama dan
parameter yang sama dengan method dari superclassnya.
3. package tugas5;
public class Test {
public
static void main(String[] args) {
A
a = new A();
a.print();
//akibat dari objek yang tidak dapat dibaca
}
}
class A{
//kesalahan tidak boleh ada 2 bahasa class dalam 1 class
String
s;
A(String
newS){
s=newS;
}
public
void print(){
System.out.print(s);
}
}
4. Output dari syntax tersebut adalah
false
5. // class untuk menyimpan
atribut
package
tugas5;
public
class bank {
private double saldo;
private String norek;
private String namaNasabah;
public bank(){// konstruktor
saldo = 100.0;
}
public double getsaldo1(){
return saldo;
}
public double getsaldo2(){
return saldo+100;
}
public void nabung(double uang){
saldo = saldo+uang;
}
public void ambiluang(double uang){
if(uang>=(saldo+100000)){
System.out.print("saldo anda
tidak mencukupi");
}else{
saldo = saldo - uang;
}
}
public void menuATM(){
System.out.print("Enter an id
:");
}
public void menu1(){
System.out.println("Main
Menu");
System.out.println("1: Check
Balance");
System.out.println("2:
Withdraw");
System.out.println("3:
Deposit");
System.out.println("4.exit");
System.out.print("Enter
a choice : ");
}
}
Class
untuk OOP
package
tugas5;
import java.util.Scanner;
public
class ATM {
public static void main(String[] args) {
Scanner u = new Scanner(System.in);
bank nasabah1 = new bank();
int pil=0;
int id;
System.out.print("Enter an id :
"); id = u.nextInt();
if(id==1){
do{
nasabah1.menu1(); pil = u.nextInt();
switch(pil)
{
case 1:
System.out.println("The
balance is : "+nasabah1.getsaldo1());
break;
case 2:
System.out.print("Enter an
amount to withdraw : "); double uang = u.nextDouble();
nasabah1.ambiluang(uang);
break;
case 3:
System.out.print("Enter an
amount to deposit : "); uang = u.nextDouble();
nasabah1.nabung(uang);
break;
case 4:
System.console();
break;
}
}
while(pil<5);
}else{
System.exit(0);
}
}
}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar